Manfaat Besar Hutan bagi Bumi.

(Sumber Gambar : pixabay.com)

Hallo teman-teman, ulasan kali ini penulis akan membahas tentang peran besar hutan untuk keberlangsungan makhluk hidup di bumi, alasan penulis memilih topik ini karena hutan sangat penting bagi manusia dan makhluk lainnya yang tinggal di bumi. 

Penulis juga ingin mengingatkan untuk kita semua agar bisa menjaga, melestarikan, dan merawat hutan dengan baik, agar ekosistem di bumi tetap berjalan dengan seimbang, karena sangat berdampak bagi kita semua.

Jadi belum terlambat bagi kita semua untuk lebih cinta dan peduli terhadap lingkungan alam. Kekayaan alam yang sudah tersedia di bumi ini adalah kuasa dari Tuhan yang harus kita jaga.

Ingin mengetahui lebih dalam apa peran besar hutan bagi bumi? Mari kita bersama simak ulasannya!

Sejak berada di bangku sekolah, kita selalu dengar bahwa hutan adalah paru-paru bumi. Selain itu, hutan adalah rumah bagi hewan-hewan langka, ataupun segala macam satwa liar. Hutan juga menyimpan berbagai macam jenis flora di dalamnya. 

Oleh karena itu keberadaan hutan sangatlah berpengaruh bagi keberlangsungan hidup makhluk yang ada di bumi, termasuk kita semua sebagai manusia yang memiliki peran sebagai pemimpin di bumi, yang harus bisa mengelola hutan dengan baik dan benar.

Namun, apa jadinya apabila tidak ada hutan sama sekali di bumi?

1. Populasi flora fauna 80% akan punah,

2. Siklus hujan menjadi tidak beraturan,

3. Suhu di bumi semakin panas,

4. Pasokan air akan berkurang,

5. Hilangnya oksigen.

Lalu, bisakah kita bertahan akan kondisi seperti itu?

Hidup tanpa hutan bisa di ibaratkan seperti ikan tanpa air. Alam bisa hidup tanpa manusia, tetapi manusia tidak akan bisa hidup tanpa alam. Karena manusia membutuhkan udara yang segar untuk bernafas, yang dihasilkan dari hutan sebagai paru-paru bumi.

Bahkan, di negara Qatar mereka berupaya untuk berjuang membangun hutan di negara mereka. Sebagai paru-paru kota di negara mereka.

Patut berbangga untuk warga negara Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan terluas di dunia. Dan banyak akan kekayaan flora fauna yang ada di Indonesia. 

Kenyataannya sudah banyak terjadi kasus kerusakan hutan akibat sifat rakus manusia demi kepentingannya.

Penggundulan hutan bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga terjadi di dunia. Setiap tahunnya ada 15 milyar pohon yang ditebang.

Kebiasaan buruk untuk merusak hutan tentu bisa di hentikan. Sebelum berdampak besar lebih jauh terhadap bumi. Dan akan mengakibatkan krisis kehidupan bagi makhluk hidup di bumi ini

Teman-teman dianjurkan untuk  memfollow akun sosial media organisasi kehutanan sebagai pedoman, agar kita semua bisa termotivasi untuk menjaga hutan. 

Dengan akun instagram yang telah direkomendasikan oleh penulis, teman-teman boleh klik akun-akun dibawah ini dan langsung mengarah ke akun official instagram tersebut :

@golonganhutan

@kemitraan_ind

@sayapilihbumi

@auriga_id

@greenpeaceid

@madaniberkelanjutan.id

Kita bisa melakukan hal kecil seperti melakukan penghijauan di sekitaran lingkungan tempat tinggal, dengan membiasakan menanam tanaman rumah, serta menanam sejuta pohon agar kita bisa menikmati dampak baiknya.

"Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita".

Mudah-mudahan dengan adanya konten ini bisa menyadarkan dan bisa memotivasi kita semua agar membiasakan merawat lingkungan sekitar, dan memberikan lahan untuk penghijauan. 

Teman-teman sangat dianjurkan untuk menyebarkan link blog ini, dan sama-sama mengajak teman-teman yang lain untuk lebih ramah dan peduli terhadap alam.

Itu saja ulasan yang ingin disampaikan oleh penulis. Yuk mulai sekarang lebih peka terhadap lingkungan, untuk kepentingan bagi kita semua. Bukan justru malah memanfaatkan kekayaan alam sebagai kepentingan pribadi.

Apabila ada pernyataan yang salah ataupun ada kesalahan diksi pada kalimat harap dimaklumi, teman-teman silahkan komentar di kolom bawah untuk menanggapi ulasan yang ada diatas, terima kasih.

Semoga informasinya bermanfaat untuk anda, sekian dan terima kasih.

Komentar

  1. Semua hewan terancam punah
    Populasi binatang liar akan punah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah dampaknya jika bumi sudah kehilangan hutan.

      Hapus
  2. Dampak kerusakan hutan sudah mulai terasa saat ini, faktanya sudah begitu banyak bencana alam yang terjadi.

    Jika hutan terus rusak bahkan hilang bagaimana nasib kita nanti?
    Bagaimana bisa manusia dan makhluk hidup lainnya hidup tanpa oksigen?
    Oleh karena itu mari kita jaga dan rawat hutan kita. Jangan sampai menyesal ketika harta kehidupan ini telah lenyap.
    Tidak ada kata terlambat untuk terus menjadi pelopor penjaga hutan demi masa depan.

    Terima kasih Dio sudah cukup memberikan kesadaran kepada kami. Terus menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Tika sudah bantu mereview kembali ulasan ini, belum terlambat bagi kita untuk merawat dan melestarikan alam yang tentu berdampak baik untuk anak cucu nanti. Terimakasih atas dukungannya, sukses selalu!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer